Logo DDV
HOME > berita > Volunesia Bootcamp 2022: DiaHYP (Diapers Help Your Plant)

Volunesia Bootcamp 2022: DiaHYP (Diapers Help Your Plant)

Kak Rian Aditya, siswa dari SMKN 69 Jakarta yang tinggal di Cakung Barat, Jakarta Timur ini mampu membawakan sebuah project inspirasi untuk kita semua. Project DiaHYP (Diapers Help Your Plant) merupakan pemanfaatan limbah popok bayi sekali pakai untuk menjadi media tanam. Kok bisa? Jadi, popok sekali pakai yang sudah dipakai itu mengandung hidrogel. Nah hidrogel yang ada pada popok ini bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai campuran media tanam karena memiliki karakteristik dapat menyerap dan menyimpan air dengan baik.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan popok bekas dan mengambil gel yang ada didalamnya. Setelah gel dikeluarkan, terlebih dahulu dilakukan fermentasi dengan menggunakan EM-4 dengan ditutup rapat selama 7 hari. Effective Microorganism-4 atau EM-4 merupakan inokulan campuran mikroorganisme (Lactobacillus, ragi, bakteri fotosintetik, actinomycetes, dan jamur pengurai selulosa) yang mampu mempercepat kematangan pupuk organik dalam proses composting atau dekomposisi bahan organik dan juga mampu menghilangkan bau. Setelah melalui proses fermentasi barulah dapat dipakai sebagai media tanam dengan dicampurkan dengan media tanam lainnya seperti tanah, serbuk kayu, pasir dan lain-lain.

Ide dibuatnya project ini adalah karena terdapat banyaknya limbah popok sekali pakai di sekitar lingkungan yang menjadi sampah begitu saja, padahal faktanya limbah popok tersebut bisa bermanfaat bagi lingkungan bahkan bisa menjadi ide bisnis dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk usaha bagi warga sekitar, terutama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Dari project DiaHYP ini, kak Rian dan teman-teman mencoba untuk meneliti berapa persen keberhasilan project tersebut untuk dapat mengurangi limbah popok di sekitar lingkungan. Saat ini project DiaHYP masih terus dilaksanakan dan dikembangkan di Early Learning Centre (ELC) Kecamatan Cakung, Kelurahan Ujung Menteng, Jakarta Timur. Kak Rian dan teman-teman masih mencari media tanam lain lagi untuk bisa lebih bermanfaat bagi lingkungan. Selain itu, kak Rian dan teman-teman kedepannya berencana untuk mengadakan Workshop project DiaHYP ini.

Baca juga asiknya belajar bersama Hayuk Belajar