Training Kebencanaan Untuk DDV Jawa Bagian Timur

| | Aksi,Berita | views

Kegiatan penanggulangan bencana yang diadakan oleh DMC di Telaga Kumpe Purwokerto, yang diikuti oleh para relawan DDV Jatim, jateng, dan Yogyakarta. Kegiatan meliputi PFA(Psychological First Aid), pengetahuan mengenai penanganan psikologi masyarakat yang terdampak bencana serta keadaan sosial dari para penyintas. (Firts Aid)Pertolongan pertama pada penyintas atau korban kecelakaan agar saat bertemu dengan para penyintas kita bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi dampak buruk lain yang dialami penyintas.

Etika dan prosedur ketika terjun ketempat bencana karena saat terjun kelokasi bencana banyak situasi yang bisa terjadi dan bahkan diluar prediksi para relawan, maka dari itu para relawan di bekali tentang tata krama ketika terjun di lapangan.

Manajemen Logistik/Dapur Umun, mengatur logistik yang datang dari para donatur kemudian di kirim kelokasi tempat terjadinya bencana perlu manajemen yang baik karena banyak terjadi masalah ketika tidak ada kesesuaian antara logistik yang disalurkan tidak sama dengan kebutuhan para penyintas.

Jenis-jenis dan kriteria bencana alam, disini para peserta mempunyai pengetahuan tentang karakteristik bencana dan step-step dalam menghadapi bencana yang sedang terjadi dan pada akhirnya bisa mengurangi banyaknya korban. Dan pada akhir melakukan kegiatan Pelatihan Simulasi Kebencanaan.

Keseruan serta antusias dari teman-teman relawan sangat besar, karena dalam masa pelatihan DDV dari masing-masing perwakilan bisa saling mengenal dan bertukar cerita serta pengalaman. Kekompakan selalu terlihat disetiap kegiatan berlangsung, nampak jelas ketika simulasi bencana di laksanakan oleh tim DMC peserta bisa menguasai keadaan dan menerapkan teori-teori tentang kebencanaan dengan baik.

Kegiatan berakhir dengan acara api unggun dan pentas malam keakraban yang ditampilkan oleh DDV dari setiap regional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *