Paket Sembako Untuk Terdampak PHK

| | Aksi,Berita | views

Salah satu dampak wabah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan adalah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran oleh banyak perusahaan. Tak sedikit orang yang pada akhirnya kesulitan memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, bahkan untuk dirinya sendiri saja mungkin masih dirasa kewalahan.

Di samping itu, Indonesia sebagai negara welas asih, tidak kurang memiliki orang-orang dengan kepedulian yang tinggi. Para Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dipercaya sebagai volunteer partner untuk menyalurkan sembako oleh momobil.id yang menggalang dana melalui platform virtual crowdfunding, kitabisa.com. Dari hasil penggalangan tersebut, oleh Fajar Firmansyah, koordinator DDV, bersama rekan-rekannya, dikonversikan sejumlah 340 paket sembako untuk masyarakat korban PHK.

“Alhamdulillah, sebanyak 340 paket sembako berhasil terkumpul. Dan sudah mulai dibagikan sejak Sabtu (25/7/2020) kemarin. Rencananya akan dibagikan secara bertahap sampai hari Rabu (29/7/2020),” terang Fajar.

Sedang sistem pembagiannya, Fajar mengatakan sebelumnya telah berkoordinasi dengan ketua RT setempat. Dengan begitu, sasaran penerima manfaatnya akan tepat sebagaimana menjadi orang yang paling membutuhkan.

Disebutkan oleh Fajar, secara merata ada sebelas lokasi di kawasan Jabodetabek yang menjadi sasaran penerima manfaat program ini. Di antaranya Kalideres (Jakarta), Kembangan (Jakarta), Bojong Gede (Bogor), Sawangan (Depok), Rawalumbu (Bekasi), Jatiuwung (Bekasi), Kunciran (Tangerang), Rawapanjang (Bogor), Perumahan Cikarang (Bekasi), GBSI (Tangerang), dan Gambir (Gambir).

Salah satu penerima manfaat di Kp. Bedahan, Sawangan, Depok, ialah Hasyim (52). Sebagai seorang Cleaning Service di sebuah peternakan Sawangania  menceritakan, telah diputus kontrak kerjanya sejak 3 (tiga) bulan yang lalu. Tidak hanya itu, selain mendapat PHK, Hasyim juga tidak dibekali pesangon dari perusahaan ternak tempatnya bekerja tersebut. Hal demikian ternyata terjadi juga kepada puluhan pekerja lainnya.

“Pasti sangat bermanfaat sekali ini, ‘dik, bagi saya dan keluarga. Sudah beberapa bulan tidak ada pemasukan ini. Pusing juga mau cari kerja di mana. Usia juga udah tua gini,” ucap Hasyim kepada tim DDV saat memberikan paket sembakonya, Sabtu (25/7/2020). (Muthohar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *