Menjelang Puasa, DDV Riau Persiapkan relawan tangguh untuk kebaikan

| | Aksi,Berita,Uncategorized | views

Dompe Dhuafa Volunteer Riau atau DDV Riau melaksanakan kegiatan Leadership Camp yang diikuti oleh sekitar 36 peserta dari berbagai kalangan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Jumat-Minggu (26-28 April 2019), bertempat di Pulau Cinta, Teluk Jering, Kabupaten Kampar.

Kegiatan Leadership merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh calon volunteer Dompet Dhuafa. DDV Riau sendiri memiliki hubungan yang erat dengan Dompet Dhuafa Riau, seperti yang disampaikan oleh Pimcab Dompet Dhuafa  Riau Ali Bastoni.

“Dompet Dhuafa Volunteer memiliki hubungan yang sangat erat dengan Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa akan menjadi fasilatator bagi setiap gagasan dan kegiatan kebaikan yang dilakukan oleh para volunteer, asalkan kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,”. Ali Bastoni.

Ali juga menegaskan bahwa lahirnya Dompet Dhuafa tidak lain adalah untuk berkhidmat kepada umat. Oleh karena itu hendaklah semua kegiatan atau program yang dijalankan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan masyarakat sebagai mitra kerja ataupun diikutsertakan di dalam kegiatan volunteer.

Kegiatan ini dibuka oleh amil Dompet Dhuafa Riau, Ridia Wulandari. yang diikuti oleh seluruh peserta Leadership Camp. Dalam Sambutannya meminta agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan bersunguh-sungguh. Sebelumnya Koordinator Dompet Dhuafa Volunteer Riau, Muhammad Izzul Islami menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan kepada semua calon volunteer yang akan bergabung di Dompet Dhuafa harus memiliki sikap disiplin dalam diri, tidak hanya sekedar menjadi relawan tetapi ada yang lebih penting yaitu anggota DDV Riau harus mampu mengukur segala sesuatu agar terarah dalam gerakan.

“relawan itu gerakannya harus terukur, tidak hanya sekedar relawan, dibutuhkan sikap disiplin waktu, disiplin diri terutama”. tutur izzul.

Adapun rangkaian kegiatan pada hari pertama adalah penyampaian materi tentang Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Volunteer, managemen kerelawanan, Forum Group Disscussion (FGD). Dalam rangka menjalin keakraban diantara peserta, hari kedua dilanjutkan dengan senam bersama dan kegiatan outbond. pada malam harinya dilaksanakan Kegiatan makan bersama panitia dan peserta. Peserta melanjutkan kegiatan Tarhib Ramadhan pada Minggu pagi di lokasi Car Free Day, Sudirman. Acara ditutup dengan penyampaian ceramah oleh salah satu ustadz di Dompet Dhuafa Riau, Ustadz Alnof Andri. Diharapkan melalui kegiatan Leadership Camp ini dapat memberikan pemahaman awal kepada seluruh calon relawan mengenai dasar dasar kerelawan dan mengenal lebih dalam mengenai Dompet Dhuafa. [NY]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *