Memperingati Hari Bumi Sedunia, DDV Jabodetabek Tanam 1450 Bibit Mangrove

| | Aksi,Berita | views

22 April diperingati secara internasional sebagai hari bumi dan pada kesempatan tesebut, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Jabodetabek melakukan penanaman 1450 bibit mangrove di Pesisir Marunda RT 003/007 Kec. Cilincing, Jakarta Utara dengan tujuannya untuk mengembalikan fungsi mangrove di kawasan pesisir Marunda.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2017 mencatat saat ini luasan ekosistem hutan mangrove di Indonesia mencapai sekitar 3,5 juta hektar yang tersebar di 257 Kabupaten dan Kota di Indonesia. Seluas 1,7 juta hektar dalam kondisi baik, sedangkan area sisanya seluas 1,8 juta hektar dalam kondisi rusak. Hal ini tentunya mempengaruhi fungsi dari ekosistem mangrove, padahal ekosistem tersebut memiliki fungsi ekologis dan ekonomis bagi masyarakat maupun biota yang tinggal di kawasan tersebut. Apabila terjadi kerusakan hingga kehilangan populasi mangrove, maka biota baik tumbuhan maupun hewan yang berasosiasi dengannya akan menyusut bahkan dapat punah. Salah satu daerah yang memiliki kawasan kritis mangrove adalah Jakarta bagian Utara, di Kel. Marunda, Kec. Cilncing. Oleh karena itu, DDV Jabodetabek melakukan aksi nyata dengan penanaman bibit mangrove tersebut.

DDV Jabodetabek menggandeng Yayasan Mangrove Indonesia (Indonesian Mangrove Restoration Foundation/IMARF) untuk memberikan penjelasan teknis penanaman kepada peserta. IMARF turut membawa salah satu komunitas bimbingannya, Sahabat Mangrove Indonesia (SMI), sebagai fasilitator saat penanaman berlangsung.

Acara diawali dengan serangkaian pembukaan dan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang pentingnya menjaga pesisir Indonesia, terutama hutan mangrove Jakarta yang saat ini dalam keadaan darurat mangrove. Dengan melakukan penanaman mangrove hingga pemeliharaannya maka telah berkontribusi melakukan aksi mitigasi terhadap bencana yang berpotensi terjadi di pesisir pantai.

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan hari bumi oleh DDV Jabodetabek. Salah satu kegiatan sebelumnya adalah roadshow kampanye lingkungan di SMAN 90 Jakarta pada 13 April 2018. Tujuan kampanye lingkungan tersebut agar generasi muda Jakarta yang telah dan sedang merasakan dinamika perubahan alam dan perkembangan teknologi lebih sadar bahwa perlu dilakukan aksi sedini mungkin untuk mencegah dan mengatasi kerusakan alam, khususnya pesisir Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *