Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional sebagai Kick Off “I Com Gath”

| | views

Sampah masih menjadi permasalahan pelik di Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 menyebutkan timbulan sampah mencapai 65 juta ton/tahun dari 261 juta penduduk Indonesia. Diprediksi pada 2025, jumlah timbulan sampah di perkotaan bertambah menjadi 1,42 kg/orang/hari atau 2,2 miliar ton sampah/tahun yang berasal dari 4,3 miliar orang penduduk Indonesia.

Pemerintah sendiri terlihat serius memecahkan masalah sampah, misalnya dengan diterbitkannya Peraturan Presiden No.97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, yang menargetkan pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenis dengan besaran sampah rumah tangga 30 persen dan penanganannya sebesar 70 persen.

Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 setelah terjadi tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari. Peringatan ini juga menjadi salah satu pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Maka dari itu, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Jabodetabek mengadakan aksi kampanye dengan mengajak komunitas di Jabodetabek, baik komunitas lingkungan maupun non-lingkungan, untuk bersama-sama mendeklarasikan #SumpahGakNyampah dan menjalankan komitmen untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, tidak membuang sampah sembarangan, dan aksi nyata lainnya.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang akan diselenggarakan oleh DDV Jabodetabek ini merupakan salah satu rangkaian acara dari program ICOMGATH (Indonesia Community Gathering) dengan tema #SumpahGakNyampah. Dengan kegiatan ini, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap sampah semakin meningkat serta dapat membangun kesadaran kita untuk mencintai bumi.

Mari jadi bagian untuk mencintai bumi dengan #SumpahGakNyampah!

=============================

Organized by : Dompet Dhuafa Volunteer Jabodetabek

@dd_volunteer
@ddv_jabodetabek

#HPSN2020
#HariPeduliSampahNasional2020
#ICOMGATH2020
#SumpahGakNyampah
#DompetDhuafaVolunteer
#DDVRumahRelawan
#1Hari1Kebaikan
#VolunteerIsMe

Daftar relawan