DDV Kaltim gelar Pre-Love Sale untuk membantu korban kebakaran

| | Aksi,Berita | views

“Di hari pertama, hujan turun sore itu. Walau sempat terhenti, tapi berlanjut hujan lagi. Karena masih banyak yang belum puas memilih, akhirnya pakaian-pakaian yang kami taruh sementara di kediaman rekan kami di dekat lokasi acara, malam itu diserbu warga sekitar untuk kembali di borong,” seru Surya, Koordinator Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Cabang Kalimantan Timur melalui pesan singkat.

Hasil donasi dari kegiatan Pre-Loved Sale yang digelar oleh para relawan DDV Kaltim pada Sabtu-Minggu (29-30/8/2020) di Panggung Bontang Kuala itu, akan diberikan langsung kepada penyintas kebakaran yang terjadi pada Rabu, 12 Agustus 2020, dini hari pukul 03.15 WITA di kawasan Rawa Indah, Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan, Kalimantan Timur. Dampak kebakaran tersebut, menghanguskan puluhan rumah warga dan tercatat 88 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Berangkat dari aksi #RuangSenyum, DDV Kaltim mengawali penggalangan bantuan kemanusiaan secara daring berupa dana, pakaian, sembako, maupun alat dapur. Sembari berjalan, Tim DDV Kaltim melakukan assesment langsung di posko-posko terkait. Ternyata, bantuan pakaian masih banyak menumpuk dan belum tersalurkan dengan baik.

“Kami akhirnya assesment ke posko, juga secara langsung menemui beberapa penyintas, mereka menyebutkan turut membutuhkan uang saat ini. Karena itulah donasi berbentuk dana ini akan kami langsung berikan kepada mereka yang terdampak,” ungkap Surya.

DDV Kaltim sepakat dan mengkonfirmasi kepada para donatur, bahwa bantuan pakaian yang ada di kantor Dompet Dhuafa Unit Bontang akan kembali dipilah dan akan dijual dengan harga terjangkau di perkampungan. Lahirlah ide aksi Pre-Loved Sale sebagai penggalangan bantuan dana, sebagai Aksi Peduli Korban Kebakaran Rawa Indah.

“Masyarakat di Bontang Kuala sangat antusias dengan kegiatan ini. Karena kami juga jelaskan, bahwa ini adalah kegiatan berbelanja sambil beramal. Yang dimana hasil dari penjualan akan diberikan kepada penyintas kebakaran di Rawa Indah,” imbuh Surya.

“Alhamdulillah, kegiatan berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker, menyediakan handsanitaizer juga cuci tangan. Semoga bermanfaat untuk orang banyak,” tutupnya. (Dhika Prabowo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *