Logo DDV
HOME > BERITA > Sharing Experience on Disaster Management

Sharing Experience on Disaster Management

CIPUTAT, Minggu (6/4) Dompet Dhuafa Volunteer kembali memberikan bekal kepada para volunteernya di pertemuan yang biasa dilakukan oleh DDV Jabodetabek. Kali ini pertemuan bulanan melakukan sharing experience on disaster management dengan pembicara Mr. Hitoshi dari Disaster Management Jepang. Beliau adalah pakar di bidang disaster management dan beliau adalah salah satu relawan yang turun langsung saat terjadi tsunami di Jepang.

Forum Bulanan kali ini dihadiri oleh 22 orang volunteer. Sharing experience on disaster management dibuka dengan para volunteer dipertontonkan saat kejadian tsunami Jepang. Lalu setelah itu Mr. Hitoshi mulai berbagi pengalaman beliau di disaster dan menunjukan gambar-gambar seperti dapur umum, tempat pengungsian, toilet portable ketika terjadi bencana di Jepang. 

Di sharing experience ini para volunteer banyak mendapatkan pelajaran dan pengetahuan baru saat terjadi bencana. Seperti, pendapat salah satu volunteer yaitu Indah (24) "Banyak ilmu yang didapat, dari makanan apa saja yang harus volunteer siapkan saat terjadi bencana, dan banyak alat yang dapat digunakan ketika darurat seperti kantong pelastik bisa digunakan sebagai pampers untuk anak kecil.

Mr. Hitoshi bicara "One NGO cannot solve the problem disaster". Jadi kita memerlukan kerja sama antar NGO satu dengan yang lainnya. Karena dengan bersama-sama hal berat akan mampu kita lewati. Berikut foto-foto sharing experience on disaster management: