Logo DDV
HOME > berita > Relawan DDV Jateng Salurkan Logistik Untuk Korban Banjir Kebumen

Relawan DDV Jateng Salurkan Logistik Untuk Korban Banjir Kebumen

Dompet Dhuafa bersama tim relawan terus mengupayakan pendistribusian logistik ke wilayah-wilayah pelosok bencana sejak Ahad (20/1). Sebanyak 250 paket logistik bahan makanan pokok terdistribusikan ke Desa Madurejo, dan Desa Sidodadi Kecamatan Puring. Pendistribusian logistik tidak berjalan dengan mudah, karena akses jalan menuju lokasi masih terendam air dengan ketinggian sepinggang orang dewasa. Sehingga tim dan relawan harus menggunakan perahu karet untuk mengangkut logistik tersebut.  Hal ini menyebabkan proses distribusi bantuan logistik membutuhkan waktu lebih lama karena harus secara bertahap. Dusun Bulusari ada ratusan kepala keluarga yang menjadi korban. Sebagian bertahan dirumah karena selama banjir berlangsung.
“Walau banjir sudah mulai surut, sebagian tempat masih terisolir karena akses jalan yang masih tergenang cukup tinggi, yaitu Desa Madurejo dan Sidomulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah mendirikan dapur umum sejak Kamis (17/1) untuk pemenuhan pangan sekitar 1000 jiwa di pengungsian serta penduduk yang masih terisolir banjir di Wilayah Kecamatan Puring”, ucap drg. Imam Rulyawan MARS., Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.
Hingga kini (Senin, 21/01) sejak banjir terjadi, terdapat 145 kepala keluarga yang tinggal di Dusun Bulusari, Desa Madurejo, Kecamatan Puring masih terisolir akibat akses jalan utama yang masih terendam air cukup tinggi. Sejumlah warga juga sudah pulang dari pengungsian karena sebagian wilayah sudah mulai surut. Menurut data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) pada (17/01) pkl 17.00 sudah 562 jiwa mengungsi di Kecamatan Puring. Dalam musibah ini ada 16 Kecamatan dan 56 desa terdampak. Kebutuhan pengungsi dan para korban bencana banjir yaitu logistik berupa bahan pangan, kesehatan (medis dan obat-obatan), air bersih serta peralatan kebersihan.