Logo DDV
HOME > berita > Rakernas DDV Tahun 2023 - Satu Dekade Menebar Kebaikan

Rakernas DDV Tahun 2023 - Satu Dekade Menebar Kebaikan

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) pada tanggal 27-29 Januari 2023 telah menyelenggarakan acara Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dengan tema Satu Dekade Satu Kebaikan yang diselenggarakan secara luring di Hotel Sofyan Cikini Jakarta Pusat. 

RAKERNAS merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan bagi relawan dan penanggung jawab pengelola relawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai latar belakang, seperti pelajar, mahasiswa, profesional, dll. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan oleh DDV Se-Indonesia pada tahun 2022, mempersiapkan rencana program dan sosialisasi kegiatan DDV pusat yang akan dilakukan oleh DDV se-Indonesia pada tahun 2023. Selain itu untuk menumbuhkan kapasitas pengelola relawan dalam hal management & Leadership serta membangun solidaritas antara pengelola relawan dan relawan dari seluruh Indonesia.


Kegiatan ini dipandu oleh dr. Tsaqyla (Seorang DDV Specialist yang berprofesi juga sebagai Dokter) selaku MC pada kegiatan Rakernas. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan lantunan ayat suci al-quran. Acara Rakernas ini dibuka oleh Arif R. Haryono selaku GM Aliansi Strategis & Advokasi Dompet Dhuafa.  Setelah itu kegiatan acara dilanjutkan materi dengan tema  Relawan Menginspirasi Melintas Zaman oleh pemateri Fatchuri Rosidin yang membahas mengenai semangat Kerelawanan Dompet Dhuafa. selain itu membahas  mengenai Kriteria menjadi Relawan yang menginspirasi Melintas Zaman,  dan bagaimana bisa mencapai gelar “relawan yang menginspirasi dunia akhirat”. Dalam pemaparan materi tersebut menyebutkan terdapat faktor yang membuat orang sukses berdasarkan riset Thomas J.Stanley, Ph.D yaitu:

  1. Jujur/ integritas

  2. Disiplin

  3. Good Interpersonal skill

  4. Dukungan dari pasangan hidup

  5. Bekerja lebih keras dari orang lain

  6. Mencintai apa yang dikerjakan

  7. Good and strong leadership

  8. Semangat dan berkepribadian kompetitif

  9. Good life management

  10. Ability to sell idea dan product

Pemaparan materi oleh Fatchuri Rosidin  dengan tema  Relawan Menginspirasi Melintas Zaman.

Selanjutnya pemaparan materi kedua dengan tema Social Project for Volunteer oleh pemateri Dwi Tanty Kurnianingtyas. Dalam materi ini membahas mengenai bagaimana membuat social project yang sesuai dengan kebutuhan.

Pemaparan materi oleh Dwi Tanty Kurnianingtyas dengan tema Social Project for Volunteer.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan yaitu, riset terlebih dahulu terkait permasalahan yang terjadi dengan membuat problem tree. Selain itu dapat menggunakan logical framework yang bertujuan untuk mengetahui dampak dari social project yang dilakukan, berdasarkan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Selanjutnya sesi FGD dengan tema Volunteer Masa Depan oleh pemateri Bambang Suherman mengenai Volunteer Masa Depan merupakan Relawan mampu mengubah kumpulan menjadi gerakan "Salah satu cara untuk mengubahnya dengan cara mencari isu yang sesuai, sumber daya manusia yang memadai, koneksi yang tersebar di berbagai daerah dan profesi, serta kompetensi dalam diri yang dapat memberikan value" kata Bambang Suherman dalam acara rakernas tersebut.



Pemaparan FGD kedua oleh Bambang Suherman dengan tema Volunteer Masa Depan.

Adapun kata kunci yang paling penting untuk membuat sebuah pergerakan yaitu kolaborasi, dan pengalaman. Hal ini dikarenakan dalam membuat sebuah pergerakan membutuhkan aset yang dapat memperkuat dampak dan kebermanfaatan dari kegiatan tersebut. 

Salah satu cara untuk mendapatkan relawan yaitu dengan memberikan benefit seperti komunikasi secara interpersonal dengan cara mengajak, mengasah jiwa semangat mereka untuk berkompetisi, serta menawarkan pengalaman. Dengan mempunyai kualitas yang baik, maka orang lain semakin tertarik untuk berkolaborasi. 

Agenda selanjutnya di hari kedua Rakernas diawali dengan FGD bagi para PIC yang dipimpin oleh Widodo dengan tema volunteer management dengan pembahasan Relasi & Bagaimana cara menggerakkan Relawan, cara memecahkan permasalahan keuangan, Strategi pengembangan organisasi DDV Cabang serta strategi pengembangan kompetensi relawan. 

FGD PIC DDV difasilitasi oleh Widodo dengan tema materi volunteer management.

Materi keenam yaitu dengan tema Code of Conduct Volunteer oleh pemateri Arif R. Haryono. Adapun infografis 20 aksi DDV pada tahun 2022 mempunyai perkembangan yang cukup pesat yaitu sebanyak 19. 528 relawan, 22 provinsi, 9 kota/kabupaten cabang, 1.284 aksi kebaikan, 5.640.929.125 dana tersalur dan 208.058 penerima manfaat. 

Infografis aksi DDVolunteer tahun 2022.

Dalam membentuk manajemen kerelawanan dapat melakukan upaya rekrutmen volunteer baru, pelibatan volunteer, KolaborAksi serta laporan yang harus diselesaikan.



Pemaparan materi oleh Arif R. Haryono dengan materi Code of Conduct Volunteer.

Adapun etika dalam membuat social project, lakukan perhitungan dari dampak yang diberikan.  selain itu dapat lakukan kolaborasi dengan setiap pihak, serta memperluas value DDV ke komunitas lainnya. Dalam membuat project juga harus mempunyai goals.  Kalau target itu membuat lelah dalam berpikir itu salah satu tanda untuk lebih semangat dalam menghadapi tantangan" tegas Arif Rahmadi selaku GM Aliansi Strategis & Advokasi Dompet Dhuafa dalam penyampaian materi, Sabtu (28/1/2023). 

Agenda terakhir merupakan Perumusan Program Kerja Nasional, dengan metode LDJ (lightning Decision Jam) oleh pemateri Maya Nuraini. Dalam materi ini membahas mengenai tantangan dan masalah yang ada di Dompet Dhuafa Volunteer dan bagaimana cara menyelesaikannya. 

Perumusan Project Nasional oleh Maya Nuraini dengan metode LDJ  

Adapun tantangan yang dihadapi yaitu komunikasi dan komitmen. Dan solusi terkait melakukan bonding kepada pengurus, memperluas jejaring, memperkuat komitmen, melakukan Capacity building dan meningkatkan engagement. 

“Salah satu cara untuk mengubah tantangan dalam suatu permasalahan, yaitu dengan berfokus pada kekuatan yang dimiliki." tegas Maya Nuraini selaku (SO Community and Volunteerism) dalam penyampaian materi, Sabtu (28/1/2023).

Pemaparan materi terakhir Kegiatan Rakernas ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rencana program dan sosialisasi kegiatan DDV pusat yang akan dilakukan oleh DDV se-Indonesia. Serta menjadi salah satu wadah pelantikan koordinator DDV se-Indonesia agar dapat bertukar ide untuk menghasilkan sebuah pergerakan yang memberikan kebermanfaatan. 

Seperti salah satu kesan perwakilan koordinator volunteer yang menyampaikan bahwa “Kegiatannya Rakernas ini edukatif sekali bukan hanya sarana silaturahmi, evaluasi dan apresiasi DDVolunteer tapi dijadikan sebagai wadah edukasi dan upgrading untuk volunteer dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas agar bisa menjadi volunteer yang lebih berintegritas dalam menjalankan program2 kebaikan. Dan semoga kedepannya khususnya dalam masalah waktu kegiatan rakernas di perpanjang dan pembahasannya diperluas, karena ini menyangkut value DDVolunteer seluruh Indonesia agar apa yang menjadi tujuan benar2 tersusun dan terarah. “Tutur Pupung Nurhapipah (Koordinator Media dan Publikasi DDV Jawa Barat).