Logo DDV
HOME > BERITA > Penyakit yang Mengintai Saat Banjir

Penyakit yang Mengintai Saat Banjir

JAKARTA, Hujan yang turun di ibu kota Jakarta dan sekitarnya serta daerah bogor dari hari selasa malam (28/1) mengakibatkan air kembali meluap dan banjir kembali mengepung Jakarta. Banjir tahun ini terjadi beberapa kali berbeda dengan tahun lalu yang banjir datang lalu surut dan selesai.

Warga yang tinggal di pengungsian atau tetap bertahan di rumah masing-masing saat banjir bisa saja terserang beberapa penyakit yang mengintai warga di saat banjir. Berdasarkan sumber dari ANTARA berikut beberapa penyakt yang mengintai warga di kala banjir datang, yaitu diare, demam berdasar dengue (DBD), leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit kulit, dan penyakit saluran cerna.

Maka dari itu, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/1), meminta masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan individu dan kebersihan lingkungan untuk dapat menghindari penyakit-penyakit tersebut.

"Seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa menjaga Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Antara lain makan-minum yang baik dan bersih, selalu makanan yang sudah dimasak, jangan jajan sembarangan, istirahat yang cukup, tetap upayakan kebersihan diri dan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan dan senantiasa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)," papar Tjandra.