Logo DDV
HOME > berita > Pemenang juara utama lomba foto kurban asik tanpa sampah plastik

Pemenang juara utama lomba foto kurban asik tanpa sampah plastik

Peserta: Rizal Hidayatullah
Kategori: Individu


Sebuah potret yang membawa cerita dari pelosok desa di Tubleu, kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Dengan memperlihatkan kearifan lokal, Daun lontar yang melimpah di sekitar desa digunakan masyarakat sekitar sebagai wadah kurban pengganti plastik. Terlihat seorang bapak bernama Taneo dengan senyumannya sedang memegang daging kurban yang terikat rapi menggunakan daun lontar.

Namun, potret ini tak hanya tentang kemanisan senyum Bapak Taneo. Di balik foto ini, tersembunyi kebaikan yang mengalir begitu deras, di mana 200 paket kurban berhasil disalurkan kepada warga. Saat penyaluran daging kurban, terlihat kegembiraan dan rasa syukur mewarnai wajah setiap penerima.

Ini membuktikan bahwa tradisi dan kearifan lokal dapat bersinergi dengan kelestarian alam. Tubleu telah menciptakan contoh nyata tentang bagaimana kekayaan alam dapat dihargai sambil menyebarluaskan kebaikan kepada sesama. Tubleu sebuah desa yang tak hanya menghormati alam, tetapi juga membuktikan bahwa kebaikan tak pernah berhenti tumbuh, bahkan di tempat yang pelosok sekalipun.