Logo DDV
HOME > BERITA > International Volunteer & Anticorruption Camp 2018 (IVAC)

International Volunteer & Anticorruption Camp 2018 (IVAC)

Upaya pemberantasan korupsi tidak dapat hanya dilakukan melalui upaya-upaya represif (penindakan), tetapi juga melalui berbagai  upaya-upaya pencegahan diantaranya melalui perbaikan sistem serta upaya  edukasi antikorupsi.  Upaya-upaya pencegahan korupsi tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa sesuai dengan peranan  dan kapasitasnya masing-masing.

Disisi lain, dompet dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan  memiliki lebih dari 10.000 relawan diseluruh Indonesia yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer. Sumberdaya relawan tersebut memiliki potensi besar untuk turut serta mengambil peran aktif dalam upaya pencegahan korupsi di berbagai sektor.  keterlibatan relawan dengan berbagai macam latar belakang dalam jumlah besar ini tentu  akan berdampak masif terhadap upaya-upaya pencegahan korupsi.

Namun sumberdaya Dompet Dhuafa Volunter yang terdiri dari berbagai macam mlatar belakang tadi belum memiliki visi, orientasi, strategi, skill, jaringan dan pengetahuan yang mumpuni dibidang antikorupsi. Oleh karenanya, diperlukan konsolidasi dan capacity building untuk dapat memaksimalkan peranan Dompet Dhuafa Volunteer di bidang pencegahan Korupsi.

Konsolidasi dan Capacity Building DDV dibidang antikorupsi ini akan diselenggarakan dalam bentuk “International Volunteer & Anticorruption Camp 2018 (IVAC)”.  Metode yang digunakan dalam  IVAC 2018 adalah kelas workshop, seminar, sharring session, FGD, penyusunan rencana aksi  dan diakhiri dengan Kegiatan Festival Bandung Melawan Korupsi 2.0.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan IVAC 2018 adalah peningkatan kapasitas DDV dibidang kerelawanan dan antikorupsi, rencana aksi pencegahan korupsi nasional dan regional ddv, Pool of expert, Database, serta meningkatnya awarness masyarakat dibidang kerelawanan dan antikorupsi melalui peringatan hari relawan dan hari antikorupsi.