Logo DDV
HOME > berita > Dompet Dhuafa Volunteer Sultra Tebar Kurban Tanpa Sampah PlastikĀ 

Dompet Dhuafa Volunteer Sultra Tebar Kurban Tanpa Sampah PlastikĀ 

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sulawesi Tenggara (Sultra) – Menjelang Iduladha 1444 Hijriyah sosialisasi pengurangan penggunaan plastik terus digaungkan oleh berbagai kalangan. Seperti yang dilakukan oleh DDV Sultra. PIC DDV Sultra, Hasmin Roy menyampaikan Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik ajang tahunan secara nasional oleh Dompet Dhuafa Volunteer.

Berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, khususnya pelaksana kurban di setiap daerah. Mengajak penyelenggara kurban khususnya masjid, agar menggunakan kemasan non plastik dalam mendistribusikan daging kurbannya selama perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun 2023. DDV Sultra menggunakan kemasan ramah lingkungan, baik dari alam ataupun hasil kerajinan lokal.

"Tujuan kegiatan ini sebenarnya adalah kampanye untuk mengajak masjid, dan para panitia kurban agar kita meminimalisir sampah plastik.

"Makanya kami menggunakan Kemasan Besek, anyaman dari bambu sebanyak 300 kemasan," ujarnya.

"Adapun yang lainnya kami menggunakan daun jati, daun pisang dan daun kelapa yang dikreasikan para relawan dan warga di lokasi penyembelihan hewan kurban," jelasnya menambahkan.

Pada kurban 1444 H ini, DDV Sultra menyalurkan daging sebanyak kurang lebih 300 Kg di masjid, pesantren, panti asuhan, dan yayasan penyelenggara kurban.

Tersebar di wilayah Kota Kendari, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Bombana.

Selain melibatkan komunitas, DDV Sultra juga melibatkan influencer untuk membantu mengkampanyekan kegiatan ini agar jangkauan kesadaran akan lingkungan makin meluas.

"Seperti La Ode Master Chef, dan Sasmita Sugiardi, mereka membantu kami dalam mengkampanyekan kegiatan baik ini demi terciptanya kesadaran meminimalisir penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan," ujar Hasmin Roy.

Koordinator lapangan DDV Sultra, Hasfil mengucapkan terimakasih kepada para masjid, pesantren, yayasan, instansi yang ikut mengambil bagian gerakan Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik ini.

"Terimakasih kepada masjid masjid dan kantor atau yayasan yang sudah bekerjasama dan menggunakan besek untuk kemasan daging kurbannya."

"Dengan demikian mereka telah mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli lingkungan, Kurban Asik tanpa sampah plastik," ujarnya.