Logo DDV
HOME > berita > DDV Jabodetabek Laksanakan Little Explorer Jabodetabek 2023, Gerakan Muliakan Yatim Nusantara

DDV Jabodetabek Laksanakan Little Explorer Jabodetabek 2023, Gerakan Muliakan Yatim Nusantara

DDV Jabodetabek Laksanakan Little Explorer Jabodetabek 2023, Gerakan Muliakan Yatim Nusantara  

BOGOR, JAWA BARAT — Dompet Dhuafa Volunteer Jabodetabek melakukan gerakan muliakan yatim nusantara pada Muharram 1445, gerakan ini menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan. Kegiatan Little Explorer: Jelajah Budaya Nusantara ini diadakan di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor. Selain bermain di Jungleland Adventure Theme Park yang akan menjadi reward untuk anak-anak yatim, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia melalui permainan tradisional dan lagu-lagu daerah dalam berbagai wahana permainan.

Little Explorer 2023 Dompet Dhuafa Volunteer

Kegiatan ini dibuka oleh Haryo Mojopahit selaku GM Komunikasi & Aliansi Strategis Dompet Dhuafa dalam sambutannya mengisahkan sebuah cerita rakyat tentang kisah “Timun Mas” yang menghadapi berbagai tantangan.

“Yakinlah kita bisa memaksimalkan bakat dan segala potensi kita. Meski sebagai anak-anak, kita tumbuh tanpa dampingan orang dewasa, layaknya kisah “Timun Mas” yang menghadapi berbagai tantangan. Ragam aktivitas hari ini pun begitu, bermain sambil melengkapi tantangan kebaikan. Selamat bersenang-senang,” sebutnya. 

Dalam gerakan Muliakan Yatim Nusantara, Dompet Dhuafa juga mendistribusikan Kado Yatim Nusantara sebanyak 745 paket alat sekolah, Saku Sabang Merauke sebanyak 100 paket, serta beasiswa pendidikan jangka panjang. Tak hanya itu, dalam kegiatan Little Explorer di Jungleland Bogor, DDV juga membentuk Tim Green Warrior untuk mengelola sampah yang dihasilkan dari kegiatan Little Explorer.

Koordinator DDV Nasional sekaligus sebagai Ketua Gerakan Muliakan Yatim Nusantara, Fajar Firmansyah menyebutkan bahwa gerakan ini dilakukan secara paralel oleh relawan DDV se-Indonesia, yang melibatkan ribuan anak yatim sebagai penerima manfaatnya.

“Keseluruhan penerima manfaat Little Explorer 2023 saat ini sudah sejumlah 1.035 anak yatim dari target 2.000 orang seluruh Indonesia. Little Explorer ini bagian dari ragam gerakan Muliakan Yatim Nusantara yang kali ini bertema Jelajah Budaya Nusantara. Dengan maksud agar anak-anak tetap mengingat budaya dan permainan tradisional Indonesia,” Ucap Fajar.

Friska (9), salah satu peserta Little Explorer 2023 asal Depok mengungkapkan, “Hari ini seru banget naik Bump Car, Ontang-Anting, dan lainnya, pokoknya senang banget!

begitupun ucap Friska, Ayub (13), salah satu peserta Little Explorer 2023 asal Aceh, mengatakan, “Kegiatan hari ini bisa mengurangi rasa rindu bertemu keluarga setelah dua tahun terakhir tidak mudik ke Aceh. Terima kasih kakak-kakak relawan DDV.” 

Kegiatan ini sangat berkesan dan penuh rasa haru bagi anak-anak maupun para relawan. Terima kasih untuk seluruh pihak yang telah memberikan senyum bahagia bagi anak-anak hebat! Semangat untuk terus menebarkan kebaikan dan menjadi cahaya dalam kebermanfaatan.