Logo DDV
HOME > AKSI > Voluntrip Sokop Meranti

Voluntrip Sokop Meranti

September (26-30, 2019) berawal dari pelepasan panitia dan peserta Voluntrip oleh pimpinan cabang Dompet Dhuafa Cabang Riau d kantor Dompet Dhuafa Riau kegiatan ini dimulai. Kegiatan ini dinamakan Voluntrip Sokop Meranti dengan tema kegiatan pengabdian kepada suku asli akit Bandaraya, Sokop Meranti. Voluntrip Sokop Meranti mengambil bidang focus kesehatan, lingkungan, pendidikan dan wisata.

Oleh sebab itu peserta dibagi menjadi 4 divisi yaitu divisi kesehatan, divisi lingkungan, divisi pendidikan, dan divisi wisata. Setiap divisi ini sudah menjadi focus kegiatan masing-masing yang nantinya akan sama-sama dilaksanakan oleh semua panitia dan peserta. Setibanya di lokasi kegiatan, kegiatan dimulai dari pembukaan oleh kepala dusun Bandaraya yang dilaksanakan d SD 012 Lokal Jauh desa Sokop. Kemudian pada siangnya, divisi lingkungan melaksanakan program penanaman bibit pohon buah diberbagai titik disekitar sekolah, sisa dari penanaman bibit tersebut dibagikan ke warga dusun Bandaraya.

Bibit buah ini berjumlah 1000 batang bibit yang disponsori oleh SMK Kehutan Pekanbaru. Malamnya dilaksanakan kegiatan sharing bersama warga dusun Bnadaraya Sokop. Hari kedua di lokasi, dilasanakan kegiatan PHBS (Program Hidup Bersih dan Sehat) yang merupakan program dari divisi kesehatan. Adapun rangkaian kegiatan ini adalah sosialisasi PHBS, pembersihan lingkungan sekolah dan dilanjutkan dengan tata cara cuci tangan yang benar dan tata cara gosok gigi yang benar. Kemudian dilanjutkan dengan peresmian UKS mini di SD 012 Lokal Jauh. Masih di sekolah yang sama, divisi pendidikan melaksanakan program dari pendidikan yaitu pembagian paket sekolah dan pembuatan pohon impian bersama siswa-siswi tersebut. Hari ketiga divisi wisata melaksanakan program kegiatan di dermaga dusun Bandaraya dengan memperindah dermaga tersebut. Malam harinya diadakan kegiatan perpisahan bersama masyarakat dengan mengadakan acara pengajian dan makan bersama. Kesuksesan kegiatan ini merupakan kerjasama DDV Riau dan YBM PLN sebagai sponsor utama.