Logo DDV
HOME > aksi > Schoolunteer 2023

Schoolunteer 2023

Kerelawanan sering kali dikaitkan dengan kebencanaan, padahal sebenarnya kegiatan kerelawanan itu luas. Seluas hamparan samudra Hindia, kerelawanan mencakup kegiatan-kegiatan seperti menyelamatkan lingkungan, mengajar anak yang buta huruf dan putus sekolah, melestarikan budaya, melindungi satwa langka, hingga menjadi relawan tenaga kesehatan di masa pandemi ini. 

Para relawan tak selamanya berumur jalan di tempat, umurnya akan selalu bertambah dan tempatnya berkembang akan selalu dinamis sehingga pergantian akan selalu terjadi. Indonesia membutuhkan partisipasi dan kepedulian tambahan dari generasi muda. Dibutuhkan regenerasi mulai dari anak-anak sekolah di jenjang SMP-SMA, yang akan difasilitasi melalui kompetisi dalam tema #1Hari1Kebaikan.

Dalam rangka mencetak generasi relawan di tingkat sekolah, DDVolunteer menginisiasi program Schoolunteer. Schoolunteer merupakan sebuah kompetisi ide gagasan kebaikan untuk pelajar tingkat SMP-SMA di Indonesia dalam menciptakan lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik dalam berbagai bentuk kompetisi. Setelah diselenggarakan Schoolunteer pertama pada tahun 2021-2022, tahun ini DDV mengadakan kembali kegiatan Schoolunteer dengan jenis kompetisi yang lebih beragam.

Ide gagasan kebaikan dapat berasal dari bidang kemanusiaan, lingkungan, budaya, kesehatan, pendidikan, flora, fauna dan lain sebagainya. Ide-ide tersebut disampaikan melalui beberapa jenis kompetisi yang dapat dipilih oleh para peserta, yakni Fotografi, Poster, Sosial Project Ideas, dan Volunteer Diary yang dapat dipilih oleh para peserta sesuai dengan bidang kemampuan, dan ketertarikannya masing-masing.

Syarat dan Ketentuan Umum Kompetisi

1. Peserta adalah Siswa/i SMP/SMA/K (sederajat)

2. Peserta bersifat Individu (Kategori Poster, Fotografi dan Volunteer Diary, dan Social Project Ideas) dan boleh berkelompok maksimal 3 orang dari Sekolah yang sama (Khusus Untuk Kategori Social Project Ideas)

3. Peserta Terdaftar keanggotaan DD Volunteer di web volunteer.dompetdhuafa.org

4. Ide/Karya belum pernah dipublikasikan dan dilombakan di tempat lain

5. Kompetisi Tidak dipungut biaya

6. Submit Hasil Karya dan identitas peserta lomba pada link bit.ly/Schoolunteer23

7. Batas submit ide maksimal 30 Desember 2022, pukul 23.59

8. Hak Cipta atas karya tetap menjadi hak milik peserta sepenuhnya, namun Dompet Dhuafa Volunteer berhak menggunakan dan mempublikasikan setiap karya yang masuk pada kompetisi ini.

 

Syarat dan Ketentuan Khusus Kompetisi

Syarat dan ketentuan khusus kompetisi dari masing-masing kategori, bisa di cek di bit.ly/Schoolunteer2023 ya!

 

DDVolunteer akan memilih 3 ide gagasan kebaikan sebagai pemenang kompetisi kategori Social Project Ideas. Untuk kategori kompetisi Fotografi, Poster, dan Volunteers Diary, DDVolunteer akan memilih 1 pemenang terbaik di masing-masing kategori kompetisi tersebut. Pemenangnya akan mendapatkan dana untuk mewujudkan ide gagasan Kebaikan dan dengan total puluhan juta rupiah.

Hadiah Kompetisi

1. Project Fund

2. Voluntrip ke Labuan Bajo

3. Karya akan dipublikasikan (Kompetisi Kategori Fotografi, Poster & Volunteer Diary)

4. Pembinaan (Kompetisi Kategori Social Project Ideas)

5. Mentoring (Kompetisi Kategori Social Project Ideas)

 

Batas akhir pendaftaran tanggal 30 Desember 2022
Tindakan #1Hari1Kebaikan bisa dimulai dari sekelilingmu!