Logo DDV
HOME > AKSI > Pos Hangat untuk WAMENA

Pos Hangat untuk WAMENA

Bencana sosial (kerusuhan) di Wamena mengharuskan sebagian masyarakatnya untuk melakukan pengungsian, termasuk warga NTT yang berdomisili di Wamena. Pada tanggal 11 Oktober 2019 sebanyak 250 Warga NTT berangkat dari papua untuk kembali ke kampung halaman.

Dibawah koordinasi Dinsos Prov. NTT, Dompet Dhuafa turut menyambut para warga dengan membuat Pos Hangat dan layanan medis. 52 warga dari Wamena berlabuh di dermaga Tenau Kupang setelah warga lainnya diturunkan di Pulau Flores sehari sebelumnya.

Adanya 30 Relawan terdiri dari Dokter, Tim Medis dan tim logistic, serta relawan lainnya, para relawan sigap membantu dan menggendong para balita serta barang bawaan. Setelah sampai di aula titik kumpul, para warga  disuguhkan kopi, teh hangat, bubur kacang hijau serta susu dan bubur untuk balita yang telah disiapkan oleh tim Pos Hangat Dompet Dhuafa yang terdiri dari DDV serta relawan yang ikut membentu. Sembari istirahat warga mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari tim medis LKC bersama BSMI dan tim karantina Dinas Kesehatan, ada juga Physicological First Aid oleh Wahana Visi Indonesia dibantu oleh teman-teman DDV NTT menemani adik-adik bermain sehingga sedikit mengurangi rasa capek selama perjalanan serta trauma yang mungkin saja didapatkan pada saat kerusuhan tersebut.