| | Aksi,Berita | views

Meskipun sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan deras, tetapi terdapat beberapa daerah mengalami kekeringan yang berkepanjangan. Atas dasar misi kemanusiaan, Tim Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur berangkat dengan membawa sebanyak 30.000 liter air bersih menuju wilayah terdampak kekeringan di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Timur, pada Sabtu (26/9/92020).

Pun menghindari kerumunan, Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur melakukan penyaluran air bersih langsung dari rumah ke rumah. Air bersih tersebut, terdistribusikan ke penampungan warga dan toren Masjid di Desa Lembu dan Desa Ledok yang berada di sebuah pelosok dan melalui jalan yang cukup terjal. Hari itu, Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur mendistribusikan air bersih sejak pagi hingga malam disana.

“Betapa pentingnya air bersih. Mungkin kita di perkotaan masih mudah untuk mendapatkan air. Masak dan mandi masih ada air. Bayangkan kalau tidak ada air disaat kita benar-benar sedang membutuhkan,” tutur Kholid Abdillah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Kurang lebih ada 5.210 jiwa dan 12 dusun di Kabupaten Pacitan hingga hari ini terbantu dengan adanya respon program ‘Air Untuk Kehidupan’ yang merupakan salah satu program yang di inisiasi Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Begitu pentingnya air untuk kehidupan kita, seperti halnya warga pada Kecamatan Arjosari dan Kecamatan Ngadirojo di Kabupaten Pacitan. Sudah hampir 3 (tiga) bulan masyarakat disana mengalami kekeringan.

“Alhamdulillah, Mas, kita ini dapat bantuan air bersih. Betul, sudah lama tempat kami kekeringan,” aku Ibu Santi salah satu Penerima Manfaat air bersih.

Tidak hanya merespon kekeringan. Tim Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama para relawannya yang tergabung dalam DDV (Dompet Dhuafa Volunteer) Jawa Timur, turut mengedukasi perihal pandemi Corona (Covid-19), bahwa kita harus tetap menjaga jarak, mengenakan masker, waspada, dan juga menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). (Dhika Prabowo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *