Berita

DDV Jabodetabek Berbagi Kebahagiaan dengan Kiki dan Nini

Menempatkan orang tua yang telah lanjut usia di panti jompo saat ini dianggap sebagai hal yang lumrah untuk kehidupan lansia di masa tuanya, padahal anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya tepat. Meskipun tinggal di panti jompo memiliki kesempatan untuk berkumpul dan beraktivitas bersama dengan teman seusianya disana, namun hal itu tidak dapat menggantikan kehangatan suasana di rumah bersama anak dan keluarga. Kondisi itulah yang sering memicu munculnya rasa kesepian di kalangan lansia yang berada di panti jompo.

Berangkat dari kepedulian terhadap para lansia, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) mengadakan aksi Kiki Nini Happy 2017 pada Minggu (28/05). Dalam aksi ini, DDV mengunjungi salah satu Panti Jompo di Jakarta Timur yaitu Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 03 Ciracas.

Kegiatan aksi ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan. Alhamdulillah, terdapat 120 orang lansia yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Para lansia didampingi oleh relawan Yayasan Bantu Berjamaah (YaBaBe), relawan Rumah Tahfizh Qur’an Alfath (RuQu) dan 24 relawan Dompet Dhuafa Volunteer yang telah terseleksi sebelum hari H kegiatan.

Salah satu rangkaian kegiatan Kiki Nini Happy 2017 adalah TaBuTi (Tatap Mata Buka Telinga Buka Hati) yaitu kegiatan interaksi antar relawan dan lansia. Dalam sesi TaBuTi. Relawan juga membantu menuliskan keinginan/harapan dari lansia di sebuah kertas kemudian ditempelkan di wall of hope. Setelah itu, terdapat ceramah ramadhan oleh ust. Aman dan dilanjut dengan sesi Qurma (Quiz Ramadhan) yang di pandu oleh relawan RuQu & YaBaBe dengan membagikan 40 hadiah berupa 5 mukena, 10 sarung, 10 peralatan mandi, 10 daster, 5 jilbab syari, dan 5 Al-Qur’an untuk mushola. Antusiasme dan kehangatan yang terjalin antara relawan dan lansia di Panti Werdha tersebut sangatlah terasa. "Terima kasih ya sudah mengajak saya ikut berpartisipasi menjadi teman curhat kakek dan nenek untuk bersenang-senang, menari bersama dan yang pasti banyak pelajaran hidup yang bisa diambil, khususnya untuk belajar bersyukur." tutur salah satu relawan.

Aksi yang bertemakan “KIKI NINI HAPPY 2017” ini sebagai bentuk berbagi kebahagiaan dari relawan terhadap lansia di Panti Jompo. Kebahagiaan itu telah terlihat dari biar mata dan raut wajah mereka baik dari relawan maupun lansia di Panti Werdha. Rencananya aksi KIKI NINI HAPPY ini akan dilaksanakan kembali di tahun 2018 mendatang dengan sasaran Panti yang berbeda, Insya Allah. Yuk dukung terus aksi-aksi dari Dompet Dhuafa Volunteer, semangaat menebar #1Hari1Kebaikan.