Berita

Voluntrip Round 2 Bukan Jalan-Jalan Biasa

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya mengikuti kegiatan #VoluntripRound2 yang diadakan oleh Dompet Dhuafa. Semua berawal dari email yang saya terima dari Dompet Dhuafa mengenai kesempatan untuk menjadi volunteer di kegiatan #VoluntripRound2. Berbekal niat ingin mencoba kegiatan volunteer, saya pun mendaftarkan diri tidak lama setelah saya menerima email tersebut. 

 

Daftarnya gampang, tinggal nge-klik link yang disediakan lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada (misalnya: pertanyaan mengenai data pribadi, pengalaman volunteer, dan motivasi ikut kegiatan voluntrip). Terus terang, saat ngisi formulir, saya ngga serius-serius amat. Hehehe. Udah gitu saya ngga memantau perkembangan pendaftaran #VoluntripRound2, hingga tiba-tiba saya dapat pengumuman bahwa saya diterima menjadi volunteer :D Yeay senang sekali.

  

PRA-VOLUNTRIP ROUND 2

Ternyata kegiatannya serius kawan. Jadi beberapa hari setelah pengumuman, kami diminta untuk datang ke technical meeting. Di technical meeting kami diberi informasi mengenai gambaran kegiatan voluntrip, lokasi kegiatan voluntrip (MI Al-Khoeriyah, Desa Cintamanik Bogor) pembagian kelompok, dan tugas kami sebagai relawan. Kegiatannya lebih mirip kegiatan baksos dan kelas inspirasi. Kami diberitahukan bahwa nantinya kami akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk tinggal di rumah beberapa warga. Selain itu, kami sebagai relawan pun diminta untuk membawakan materi untuk kegiatan “Indoor Teaching”, membawakan materi “Penyuluhan”, dan menjadi pendamping adik di kegiatan “Outdoor Games”. Oh, ada juga kegiatan “Aksi Layanan Sehat”, tapi saya ngga terlibat langsung. Yang terlibat ALS adalah dokter dan rekan-rekan yang bergelut di bidang medis.

 

Untuk “Indoor Teaching”, kami diminta untuk membawakan materi mengenai Indonesia, mengenalkan berbagai macam profesi, dan memberikan motivasi kepada adik-adik. Sementara itu, untuk kegiatan “Penyuluhan”. Kami diminta untuk memberikan penyuluhan mengenai cara menjaga kebersihan tubuh, cara mencuci tangan yang benar, cara merawat kebersihan gigi, serta penyuluhan mengenai bahaya rokok. Untuk kegiatan “Outdoor Games”, panitia sudah menyiapkan games, kami hanya tinggal menjadi pendamping.

Terus terang, setelah ada pembagian tugas tersebut, saya yang awalnya santai jadi serius :’D Wakakaka.

 

Baca selengkapnya di Blog Ka Marina